Blogger Pemula

Pengertian Program Excel untuk Perkenalan



Pada artikel ini pengenalan microsoft excel adalah membahas penjelasan fungsi dan penggunaan microsof excel. Microsoft Excel adalah General Purposed Electronic Spreadsheet, aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft yang dapat digunakan untuk mengorganisir , menghitung, menyediakan maupun menganalisa data data dan mempresentasikan ke dalam bentuk diagram maupun ke grafik. kemudahan lain yang dapat diperoleh yang terintegrasi program dengan aplikasi windows yang lain.
Pada saat memulai aplikasi microsoft excel tersebut maka anda akan melihat suatu program lembar kerja atau worksheet yang adalah bagian dari workbook atau buku kerja yang nantinya sebagai media penggunaan dari aplikasinya.didalam lembar kerja pada aplikasi excel tersebut terdapat 256 kolom ( coloumns ) dan 65536 baris ( rows ). kolom ditampilkan dalam bentuk huruf A,B,C,D, dan Seterusnya begitu pula dengan Baris ditampilkan dengan angka " 1,2,3,4,5, dan seterusnya.
Dibawah ini adalah tampilan mengenai aplikasi di Microsoft Excel tersebut,pastikan di komputer , Laptop dan sebagainya sudah terinstal aplikasi microsoft office ( Excel ) anda :

A. Menu Bar :, menu yang berguna untuk menjalankan suatu perintah pada aplikasi microsoft excel.isi menu bar antara lain : 

  • File 
  • Home  
  • Insert 
  • Page Layout 
  • Formulas 
  • Data 
  • Review 
  • View

    B. Status Bar, Pesan area yang berada dibagian dan juga sebagai pesan indikator dibagian kanan .

    C. Title Bar,  Bagian yang berada pada diatas lembar kerja excel.Diantaranya terdapat
  • Icon Control Menu
  • Restore, Mengatur ukuran layar dalam bentuk yang relatif
  • Move, memindahkan lembar kerja keposisi lain
  • Size , Mengatur Ukuran jendela lembar kerja
  • Minimize , Meminimalkan jendela lembar kerja excel dalam bentuk icon
  • Maximize, Memaximalkan tampilan layar penuh untuk lembar kerja Excel
  • Close, Untuk nenutup menu

    D. Formula Bar , untuk memasukkan fungsi formula untuk mengolah data atau memperbaiki formula yang aktif pada excel.
    E. Petunjuk sel, untuk memindahkan sebagai penunjuk dengan bantuan mouse atau keyboard dari posisi ke posisi yang lain .
     
  • Cara Membuat File Baru , Menyimpan , dan Membuka File
  • Cara Membuat File Baru , Pilih Menu File - New , Pada Icon Pojok sebelah kiri Pilih Blank Work book. atau memilih menu sesuai design atau kebutuhan yang diperlukan.
  • Cara Menyimpan File , Pilih Menu File - Save As , dan silahkan disimpan di komputer anda
  • Cara Membuka File, Pilih Menu File - Open , Cari file yang anda ingin buka.

    Demikian sedikit penjelasan memulai pengenalan program excel sebagai perkenalan .semoga artikel ini sangat membantu anaa.terima kasih.

    baca lanjut artikel
  •  formula dan fungsi dasar excel 
  • fungsi logika dan operasi rasional excel
  • public relations

0 komentar:

Posting Komentar